Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Selain mata pelajaran Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, siswa akan diajarkan materi Muatan Peminatan Kejuruan. Mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Berikut ini akan kita bahas mata pelajaran pada Dasar Program Keahlian dan Kompetensi Kelahlian.

  • Etika Profesi
    Mata pelajaran Etika Profesi akan membahas materi-materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.
  • Aplikasi Pengolah Angka
    Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses kerja akuntansi.
  • Akuntansi Dasar
    Mata pelajaran ini akan membahas dasar-dasar ilmu akuntansi, seperti konsep debit-kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.
  • Perbankan Dasar
    Materi dasar-dasar perbankan yang akan diajarkan antara lain adalah sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.
  • Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
    Pada mata pelajaran ini materi yang dipelajari adalah mengenai buku besar dan kegunaannya, menentukan debet dan kredit, melakukan posting (pemindahan) entri jurnal ke buku besar hingga menyajikan hasil posting entri jurnal ke dalam buku besar
  • Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
    Mata pelajaran ini akan membahas mengenai pengelolaan keuangan desa, perencanaan dan penganggaran keuangan desa, hingga mengolah perpajakan pada lembaga desa.
  • Akuntansi Keuangan
    Akuntansi Keuangan akan membahas tentang penyajian laporan keuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas kepada pemegang saham, kreditor, supplier dan pemerintah khususnya tentang profitabilitas dan kredibilitas perusahaan.
  • Komputer Akuntansi
    Mata pelajaran komputer akuntansi akan membahas mengenai sistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengelolaan keuangan.
  • Administrasi Pajak
    Dalam mata pelajaran administrasi pajak, siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Misalnya pengertian pajak, fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis-jenis pajak, tata cara pemungutan pajak, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.
  • Produk Kreatif Dan Kewirausahaan
    Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari ilmu mengenai kewirausahaan dan akan diperkenalkan dengan berbagai produk kreatif yang bisa menjadi peluang wirausaha.

    Kompetensi kelulusan

    Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

    1. Menerapkan etika profesi dalam bekerja
    2. Mengelola bukti transaksi keuangan dan entri jurnal serta membuat dan menyusun laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur
    3. Mengelola bukti transaksi keuangan dan entri jurnal serta membuat dan menyusun laporan realisasi anggaran untuk akuntansi pemerintahan.
    4. Mengelola kas kecil, kas bank, kartu piutang, aktiva tetap, kartu utang dan persediaan
    5. Menyajikan laporan harga pokok produk dalam perusahaan manufaktur
    6. Mengelola administrasi pajak
    7. Mengoperasikan program pengolahan angka (Sspread Sheett)
    8. Mengoperasikan aplikasi computer akuntansi (Program MYOB, ACCURATE)

     

    Prospek Kerja 

    Tamatan atau lulusan Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan adalah:

    1. Pegawai Negeri Sipil
    2. Staff Keuangan Perusahaan
    3. Staff Akunting Perusahaan (book keeper)
    4. Staff Kantor Akuntan Publik