Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis memiliki kurikulum Standar Nasional berbasis perkembangan industri dan dunia kerja. Di SMK Negeri 1 Demak jurusan ini telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional. Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan untuk menyediakan tenaga yang professional di bidang perkantoran.

Pada praktik kerjanya peran mereka adalah memastikan operasional kantor berjalan lancar. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai. Siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis juga dibekali dengan kemampun berkomunikasi sehingga lulusan jurusan ini memiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara (event organizer).

Mata Pelajaran SMK Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB)

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Ekonomi Bisnis
3. Administrasi Umum
4. IPA

C2. Dasar Program Keahlian
1. Teknologi Perkantoran
2. Korespondensi
3. Kearsipan

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
2. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
3. Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
4. Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kompetensi kelulusan

Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

1.    Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran

2.    Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi

3.    Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan

4.    Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

5.    Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak

6.    Mengoperasikan aplikasi presentasi

7.    Mengelola peralatan kantor

8.    Melakukan prosedur administrasi

9.    Pengetahuan dasar manajemen

10.  Menangani penggandaan dokumen

11.  Menangani surat/ dokumen kantor

12.  Mengelola sistem kearsipan

13.  Membuat dokumen

14.  Memproses perjalanan bisnis

15.  Mengelola pertemuan/ rapat

16.  Mengelola dana kas kecil

17.  Memberikan pelayanan kepada pelanggan

18.  Mengelola data/ informasi di tempat kerja

19.  Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja

Prospek Kerja 

Tamatan atau lulusan Kompetensi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Staf Administrasi
  2. Resepsionis
  3. Operator Telepon
  4. Asisten Sekretaris
  5. Operator Komputer